Media Edukasi - SD Negeri Bororejo No.234 Surakarta

Terbaru

Jumat, 16 Oktober 2020

Media Edukasi

Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut.

Guru memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhannya, karena setiap murid mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa diberi perlakuan yang sama. 

Dalam menerapkan pembelajaran yang berdiferensiasi Guru perlu :

  1. Melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan tiga aspek, yaitu: kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar murid (bisa dilakukan melalui wawancara, observasi, atau survey menggunakan angket, dll)
  2. Merencanakan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil pemetaan (memberikan berbagai pilihan baik dari strategi, materi, maupun cara belajar)
  3. Mengevaluasi dan erefleksi pembelajaran yang sudah berlangsung.

Strategi Pembelajaran berdiferensiasi yang dapat diterapkan oleh guru antara lain Diferensiasi berdasarkan :

  1. Konten artinya berkaiatan dengan apa yang diajarkan pada murid dengan mempertimbangkan pemetaan kebutuhan belajar murid baik itu dalam aspek kesiapan belajar, aspek minat murid dan aspek profil belajar murid atau kombinasi dari ketiganya.
  2. Proses artinya berkaitan dengan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilaksanakan oleh Guru. Dalam proses ini guru perlu memahami apakah murid akan belajar secara berkelompok atau mandiri.

    Diferensiasi proses dapat dilakukan dengan cara:

    1. menggunakan kegiatan berjenjang
    2. meyediakan pertanyaan pemandu atau tantangan yang perlu diselesaikan di sudut-sudut minat,
    3. membuat agenda individual untuk murid (daftar tugas, memvariasikan lama waktu yang murid dapat ambil untuk menyelesaikan tugas,
    4. mengembangkan kegiatan bervariasi
  3. Produk artinya proses pembeljaran yang berkaitan dengan Produk yang akan di hasilkan oleh siswa. Produk yang dimaksud di sini merupakan hasil pekerjaan atau unjuk kerja yang harus ditunjukan pada guru

Jadi pembelajaran berdiferensiasi ( differentieted instruction) merupakan sebuah proses untuk pengajaran yang efektif dengan memberikan beragam cara untuk memahami informasi baru untuk semua siswa dalam komunitas ruang kelasnya. Pembelajaran ini dilakukan dengan beraneka ragam, termasuk cara untuk :
  1. Mendapatkan konten;
  2. Mengolah, membangun, atau menalar gagasan; dan
  3. Mengembangkan produk pembelajaran dan ukuran penilaian.

Untuk memahami apa pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana penerapannya, simak pelatihan pembelajaran berdiferensiasi dengan mengklik tautan link di bawah ini sampai selesai. 

( arahkan kursor pada link yang tersedia lalu klik link tertaut dibawahnya )




Editing website

Kehadiran media sosial berbasis digital seperti whashaap, instagram, telegram, facebook, tiktok dan masih ada lagi yang lainnya, mampu mempercepat meningkatkan popularitas dalam mempromosikan produk berupa barang, jasa maupun hasil karya seseorang, kelompok atau organisasi. 
Itu semua akan memberi manfaat bagi pengguna apabila bijaksana dalam menerapkannya. Begitu pula kehadiran website yang cenderung agak lebih rumit meskipun tidak sedikit website yang bisa digunakan secara gratis. Sudah barang tentu sangat terbatas fitur yang tersedia dibandingkan dengan yang berbayar. 
Bagi teman-teman yang sudah memiliki website tetapi ingin merubahnya menjadi lebih bervariasi, silahkan simak tutorialnya di bawah ini : 






Tidak ada komentar: