Implementasi Sekolah Ramah Anak - SD Negeri Bororejo No.234 Surakarta

Terbaru

Kamis, 05 Januari 2023

Implementasi Sekolah Ramah Anak




    
 Apa Implementasi Sekolah Ramah itu ?

        Implementasi Sekolah Ramah Anak adalah upaya sekolah dalam mewujudkan lingkungan 

        belajar di satuan pendidikan yang berpihak pada anak, nyaman aman dan menyenangkan 

        sehingga anak mendapatkan perlindungan dari tindak kekerasan fisik, psikis, kejahatan seksual, 

        dan kejahatan lainnya yang dilakukan oleh pendidik, tenaga kependidikan, sesama peserta didik,

        dan/atau pihak lain.


        KONDISI YANG DIHARAPKAN SEKOLAH RAMAH ANAK

        Kondisi yang diharapkan dalam SRA yaitu: Bersih, Asri, Ramah, Indah, Inklusif, Sehat, 

        Aman dan Nyaman

        KOMPONEN SEKOLAH RAMAH ANAK

        Dalam rangka menciptakan sekolah yang ramah bagi anak, ada 6 komponen yang harus 

        dipenuhi yaitu:

        1.   Kebijakan SRA

              Kebijakan Sekolah Ramah Anak merupakan suatu komitmen daerah 

              dan sekolah Dalam mewujudkan SRA. Ditunjukkan dalam bentuk deklarasi, SK tim SRA, 

              SK Pemerintah Daerah dan kebijakan sekolah lainnya yang berperspektif anak.

        2.   Pendidik dan Tenaga Kependidikan Terlatih Hak Anak dan SRAMinimal ada 2 orang

              pendidik/tenaga kependidikan yang terlatih KHA dan SRA.

        3.   Proses Belajar yang Ramah Anak

              Menciptakan proses belajar dan mengajar yang menyenangkan. Proses pendisiplinan 

              yang dilakukan tanpa merendahkan martabat anak dan tanpa kekerasan.

        4.   Sarana dan Prasarana Ramah Anak

              Memastikan menjaga agar sarana prasarana di sekolah nyaman, aman dan tidak

              membahayakan anak. Seperti pemasangan rambu-rambu di tempat berbahaya, penumpulan

              ujung meja, toilet bersih dengan air mengalir, pencahayaan dan sirkulasi  udara yang baik 

              dan lain-lain.

         5.  Partisipasi Anak

              Anak dilibatkan dalam kegiatan perencanaan program serta tata tertib, pelaksanaan 

              dan evaluasi SRA. Anak dijadikan sebagai pengawal SRA dan peer educator. 

              Hak ini dilakukan agar anak merasa diakui dan dapat berperan aktif dalam mewujudkan

              Sekolah Ramah Anak.

          6.  Partisipasi Orang Tua, Organisasi Kemasyarakatan, Dunia Usaha, Stakeholder 

               lainnya dan Alumni. Melibatkan orangtua, organisasi kemasyarakatan, dunia usia, 

               stakeholder lain dan Alumni dalam mendukung sekolah ramah anak, baik 

               berperan memberikan bantuan dalam bentuk sarana maupun kegiatan untuk 

               mewujudkan SRA.

              


Tidak ada komentar: